DAPATKAN RAHASIA-RAHASIA HEBAT UNTUK PRESENTASI YANG MENGESANKAN

3 Langkah Mudah Membuat Presentasi Anda Menarik

Sering menjumpai presentasi yang ‘menyiksa’ mata?

Atau justru presentasi anda terlalu membosankan dan kurang menarik?

Dan itu semua membuat presentasi sulit dipahami?

Banyak kasus terjadi di dunia pengajaran, yang seharusnya ‘mengajar’ malah ‘menyiksa’. Mungkin bukan menjadi masalah untuk penyaji, karena ‘kewajiban’ menyampaikan sudah dia lakukan meskipun terkadang penyaji sendiri tidak mengetahui apakah pesan yang ingin dia sampaikan telah diterima dengan baik oleh peserta. Selain itu beberapa penyaji tetap mendapatkan bayaran dari apa yang mereka lakukan, sehingga terkadang mereka menganggap remeh kekuatan dari pesan yang disampaikan.

Presentasi dapat dikatakan ‘belum berhasil’ apabila peserta tidak menerima pesan dari penyaji dengan baik. Untuk meningkatkan prosentase berhasilnya presentasi, banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dari desain presentasi. Berikut ini adalah tips untuk desain presentasi yang dapat menarik perhatian penyaji serta meminimalisir kemungkinan muncul rasa bosan.
jika ingin membuat poin silahkan kopi paste kode di bawah, lalu aplikasiakan pada bagian post di mode “text”

1. SIMPLE

Tidak dapat disangkal lagi apabila dunia ini didominasi oleh orang yang membenci sesuatu yang ribet, kesederhanaan membuat kemudahan dalam hidup, sehingga banyak sekali orang yang membeli sesuatu yang simple dengan harga mahal. Apple misalnya, dengan produknya yang simple membuat jutaan orang tergila-gila dan mau mengorbankan isi sakunya untuk produk tersebut. Dan yang pasti benda simple tersebut meningkatkan derajat pemakainya.

Orang sekelas Albert Einstein pun mengatakan “if you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough” yang dapat diartikan “jika anda tidak bisa menjelaskan secara sederhana, berarti anda tidak mengerti dengan baik”. OK, hindari keribetan, keruwetan dan segala yang sejenis dengan itu dalam presentasi anda, dan selalu buat presentasi anda ‘simple’.

2. JELAS

Kejelasan dalam membuat presentasi memiliki pengaruh besar, Simple saja tidak cukup jika “tidak jelas”, kejelasan presentasi harus tetap ada dan harus kuat, karena kejelasan mempengaruhi seberapa kuat pesan tersebut akan tersampaikan. Memang untuk membuat kejelasan yang kuat, kita harus mengerti terlebih dahulu apa yang akan kita sajikan dalam presentasi, sehingga dalam menyusun presentasi, kita akan lebih mudah karena sudah ada dalam peta pikiran kita.

Jika kita sudah benar-benar paham, dan pesan dalam slide sudah sangat jelas, kita tinggal menambah kekuatannya dari penyajian kita dihadapan peserta. Dan prosentase diterimanya pesan akan semakin besar

3. VISUAL

Manusia adalah makhluk visual, dan satu gambar yang kita lihat dapat mewakili 1000 kata, maka dari itu kita bisa memanfaatkan kekuatan pesan dari visual. Kita dapat menggunakan gambar yang menarik, peletakan posisi yang unik, text yang indah, warna yang serasi dan ribuan cara lain untuk memberikan kekuatan presentasi kita dari sisi visual.

Penyesuaian warna dapat kita pelajari dari sisi psikologis warna itu sendiri, gambar yang menarik adalah gambar yang mewakili pesan kita, dan pastikan gambar tidak jauh melenceng dari apa yang kita tuliskan.

Demikian 3 tips untuk mendesain presentasi, semoga dengan ini dapat menambah kekuatan tersampaikannya pesan yang kita sajikan dan dapat membuat presentasi kita lebih berkelas.

Tinggalkan Balasan

HUBUNGI KAMI

Elemen Group | Jl Brigjend Abd. Manan 322 - Malang
081 944 80 5000
081 944 80 5000
%d blogger menyukai ini: